12 Cara Optimasi SEO Konten Blog

Cara Optimasi SEO-Konten-Blog-TEKNO-TIPS

Cara Optimasi SEO, sangat penting bagi pemasar. Tetapi apakah konten blog teknologi Anda benar-benar membantu peringkat bisnis Anda secara organik? mesin pencari?

Di artikel ini, Anda akan menemukan jawaban untuk pertanyaan ini dan banyak lagi.

Bersiaplah untuk eksplorasi mendalam tentang dunia SEO blog, faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan tips solusi mengoptimalkan situs blog Anda untuk mesin pencari.

Blogging membantu meningkatkan kualitas SEO dengan memposisikan situs web Anda sebagai jawaban yang relevan untuk pertanyaan pelanggan Anda.

Postingan blog yang menggunakan berbagai taktik SEO pada halaman dapat memberi Anda lebih banyak peluang untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari dan membuat situs Anda lebih menarik bagi pengunjung.

Cara Optimasi SEO : Rahasia Menggandakan Traffic & Prospek Blog

Cara-Optimasi-SEO-Rahasia-Menggandakan-Traffic-Prospek-Blog

Meskipun konten blog jelas berkontribusi pada SEO Anda, banyak pembaruan algoritme Google dapat membuat penerbitan jenis konten blog yang tepat menjadi rumit cara optimasi seo jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana.

Beberapa faktor peringkat blog telah teruji oleh waktu sementara yang lain dianggap “jadul atau lawas”.

Berikut adalah beberapa faktor peringkat teratas yang dapat, secara langsung dan tidak langsung memengaruhi SEO blog.

Kiat pro: Sebagai aturan praktis, luangkan waktu untuk memahami cara optimasi seo apa yang dilakukan masing-masing faktor ini, tetapi jangan mencoba menerapkan semuanya sekaligus.

Mereka masing-masing melayani tujuan tertentu dan harus digunakan untuk memenuhi tujuan SEO tertentu untuk blog Anda.

A. Faktor-Faktor Mempengaruhi Cara Optimasi SEO Blog

Faktor-Faktor-Mempengaruhi-Cara-Optimasi-SEO-Blog

1. Cara Optimasi SEO Dwell Time

Meskipun waktu tunggu adalah faktor peringkat tidak langsung untuk Google, ini merupakan faktor penting dalam pengalaman pengguna — dan kami tahu bahwa pengalaman pengguna adalah raja dalam hal SEO.

Dwell time adalah lamanya waktu yang dihabiskan pembaca pada halaman di situs blog Anda. Dari saat pengunjung mengklik situs Anda di SERP, hingga saat mereka keluar dari halaman dianggap sebagai waktu tunggu.

Metrik ini secara tidak langsung memberi tahu mesin pencari seperti Google betapa berharganya konten Anda bagi pembaca.

Masuk akal bahwa semakin lama mereka menghabiskan waktu di halaman, semakin relevan bagi mereka.

Namun, ada alasan mengapa metrik ini merupakan indikator tidak langsung untuk SEO — ini sepenuhnya subjektif. Algoritme mesin telusur tidak mengetahui strategi konten Anda.

Blog Anda dapat difokuskan pada konten bentuk pendek yang hanya membutuhkan satu atau dua menit untuk dibaca. Anda juga dapat memasukkan informasi terkait di awal posting blog Anda untuk memberikan pengalaman pembaca terbaik, yang berarti lebih sedikit waktu yang dihabiskan di halaman.

Jadi ya, waktu tunggu dapat mempengaruhi SEO, tetapi jangan memanipulasi konten Anda untuk mengubah metrik ini jika tidak masuk akal untuk strategi tips teknologi konten Anda.

2. Cara Optimasi SEO Kecepatan Halaman

Tekno Tips telah menyebutkan sebelumnya pada Solusi Pengoptimalan SEO Minimaliskan Waktu Muat Halaman bahwa elemen visual di blog Anda dapat memengaruhi kecepatan halaman, tetapi itu bukan satu-satunya hal yang dapat menggerakkan jarum ini.

Kode yang tidak perlu dan penggunaan plugin yang berlebihan juga dapat berkontribusi pada situs blog yang lamban. Menghapus kode sampah dapat membantu halaman Anda memuat lebih cepat, sehingga meningkatkan kecepatan halaman.

Jika Anda tidak yakin bagaimana menemukan dan menghapus kode sampah, lihat HTML-Cleaner. Ini adalah alat yang mudah digunakan yang tidak memerlukan pengetahuan pengkodean.

Ini hanya menunjukkan kode yang tidak perlu dan memungkinkan Anda menghapusnya dengan mengklik tombol.

Tekno-Tips juga merekomendasikan untuk menginventarisasi plugin situs blog Anda. Putuskan mana yang Anda perlukan agar blog Anda tetap berjalan sehari-hari dan mana yang dipasang sebagai perbaikan untuk masalah sementara.

Plugin yang memengaruhi front-end situs Anda merupakan ancaman bagi kecepatan halaman dan kemungkinan besar, Anda dapat menghapus lebih banyak plugin ini daripada yang Anda pikirkan untuk meningkatkan kecepatan situs Anda secara keseluruhan.

3. Cara Optimasi SEO Responsivitas Seluler

Lebih dari setengah traffic pencarian Google di Amerika Serikat berasal dari perangkat seluler. Pada tingkat individu, situs blog Anda mungkin mengikuti tren yang sama.

Tidak ada jalan lain — mengoptimalkan situs blog Anda untuk seluler adalah faktor yang akan memengaruhi metrik SEO Anda.

READ  11 Solusi Pengoptimalan SEO Konten Blog 2022

Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan mengoptimalkan situs web untuk seluler? Aturan praktis industri adalah untuk menjaga hal-hal sederhana.

Sebagian besar tema situs yang dibuat sebelumnya saat ini sudah ramah seluler, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah mengubah tombol CTA di sini dan memperbesar ukuran font di sana.

Kemudian, perhatikan bagaimana kinerja situs Anda di seluler dengan melihat dasbor Google Analytics Anda dan menjalankan tes kecepatan situs seluler secara teratur.

4. Cara Optimasi SEO Tanggal Indeks

Mesin pencari bertujuan untuk memberikan info teknologi yang paling relevan dan akurat yang tersedia.

Faktor yang digunakan mesin telusur saat menentukan apa yang relevan dan akurat adalah tanggal mesin telusur mengindeks konten.

Pengindeksan berarti mesin pencari menemukan konten dan menambahkannya ke indeksnya.

Nantinya, halaman tersebut dapat diambil dan ditampilkan di SERP ketika pengguna mencari kata kunci yang terkait dengan halaman yang diindeks.

Anda mungkin bertanya-tanya: Apakah tanggal konten diindeks sama dengan tanggal penerbitannya?

Jawabannya: ya dan tidak. Jika postingan blog diterbitkan untuk pertama kalinya, kemungkinan besar perayap Google akan mengindeks postingan tersebut pada hari yang sama saat Anda mempublikasikannya.

Tetapi konten dapat di-backdate karena beberapa alasan yang sah juga, seperti mengarsipkan informasi atau memperbarui satu atau dua kalimat.

Salah satu cara untuk mempengaruhi faktor SEO ini secara positif adalah dengan menerapkan strategi pengoptimalan historis.

Strategi ini bekerja dengan baik di blog yang telah berdiri selama beberapa tahun dan sudah memiliki cukup banyak konten.

Dengan memperbarui posting lama ini dengan perspektif dan data baru, Anda akan dapat secara signifikan mempengaruhi SEO blog Anda tanpa membuat banyak konten baru yang bersih.

Perayap situs akan mengindeks ulang halaman — dengan mempertimbangkan konten yang diperbarui — dan memberinya kesempatan lain untuk bersaing di SERP.

5. Cara Optimasi SEO Data Terbaru

Data terbaru, faktor peringkat SEO tidak langsung lainnya, harus dimasukkan dalam posting blog. Data terbaru memberi pengunjung informasi yang relevan dan akurat yang menghasilkan pengalaman pembaca yang positif.

Saat Anda menyertakan tautan ke situs kredibel yang memiliki data asli dan terbaru, Anda memberi tahu mesin telusur bahwa situs ini bermanfaat dan relevan bagi pembaca Anda (yang merupakan nilai tambah untuk situs lain tersebut).

Anda juga memberi tahu mesin telusur bahwa jenis data ini dalam beberapa hal terkait dengan konten yang Anda publikasikan.

Seiring waktu, pembaca Anda akan menghargai konten yang dapat dikonfirmasi menggunakan metrik lain seperti peningkatan waktu di halaman atau rasio pentalan yang lebih rendah.

B. Tips Cara Optimasi SEO Konten Blog

Tips-Cara-Optimasi-SEO-Konten-Blog

Daftar ini tidak mencakup semua unsur setiap aturan SEO. Sebaliknya, tips blog berikut adalah faktor di halaman untuk membantu Anda memulai dengan strategi SEO untuk blog Anda.

1. Cara Optimasi SEO Menggunakan 1-2 kata kunci long-tail.

Cara optimasi seo postingan blog Anda untuk kata kunci bukan tentang memasukkan sebanyak mungkin kata kunci ke dalam posting Anda.

Saat ini, ini sebenarnya merugikan SEO Anda karena mesin pencari mempertimbangkan isian kata kunci ini (yaitu, memasukkan kata kunci sebanyak mungkin dengan satu-satunya tujuan peringkat tinggi dalam pencarian organik).

Itu juga tidak memberikan pengalaman pembaca yang baik — faktor peringkat yang sekarang diprioritaskan oleh mesin pencari untuk memastikan Anda menjawab maksud pengunjung Anda. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan kata kunci dalam konten Anda dengan cara yang tidak wajar atau dipaksakan.

Aturan praktis yang baik adalah fokus pada satu atau dua kata kunci ekor panjang per posting blog. Meskipun Anda dapat menggunakan lebih dari satu kata kunci dalam satu posting, tetap fokus posting cukup sempit untuk memungkinkan Anda menghabiskan waktu untuk mengoptimalkan hanya satu atau dua kata kunci.

Anda mungkin bertanya-tanya: Mengapa kata kunci long tail?

Kata kunci berbasis pertanyaan yang lebih panjang dan sering kali ini membuat postingan Anda tetap fokus pada tujuan spesifik audiens Anda. Misalnya, kata kunci berekor panjang “Solusi Pengoptimalan SEO Konten Blog” jauh lebih berdampak dalam hal SEO daripada kata kunci pendek “posting blog”.

Pengunjung situs web yang mencari kata kunci ekor panjang lebih cenderung membaca seluruh posting dan kemudian mencari lebih banyak informasi dari Anda. Dengan kata lain, mereka akan membantu Anda menghasilkan jenis lalu lintas yang tepat — pengunjung yang berkonversi.

2. Cara Optimasi SEO Menggunakan kata kunci di seluruh posting blog.

Sekarang setelah Anda memiliki satu atau dua kata kunci, saatnya untuk memasukkannya ke dalam posting blog Anda.

Tetapi di mana tempat terbaik untuk memasukkan istilah-istilah ini sehingga Anda mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian?

Ada empat tempat penting di mana Anda harus mencoba memasukkan kata kunci Anda: tag judul, header & body, URL, dan deskripsi meta.

Cara Optimasi SEO : Tag Judul

Judul (yaitu, headline) posting blog Anda akan menjadi langkah pertama mesin pencari dan pembaca dalam menentukan relevansi konten Anda. Jadi, memasukkan kata kunci di sini sangat penting. Google menyebutnya “tag judul” dalam hasil pencarian.

Pastikan untuk memasukkan kata kunci Anda dalam 60 karakter pertama dari judul Anda, di mana Google memotong judul di SERP.

Secara teknis, Google mengukur dengan lebar piksel, bukan jumlah karakter, dan baru-baru ini meningkatkan lebar piksel untuk hasil pencarian organik dari sekitar 500 piksel menjadi 600 piksel, yang diterjemahkan menjadi sekitar 60 karakter.

READ  11 Solusi Pengoptimalan SEO Konten Blog 2022

Tag judul panjang? Jika Anda memiliki judul yang panjang, sebaiknya Anda memasukkan kata kunci di awal karena mungkin akan terpotong di SERP menjelang akhir, yang dapat mengurangi relevansi postingan Anda.

Cara Optimasi SEO : Header & Body

Sebutkan kata kunci Anda dengan irama normal di seluruh tubuh posting Anda dan di header. Itu berarti memasukkan kata kunci Anda dalam salinan Anda, tetapi hanya dengan cara yang alami dan ramah pembaca. Jangan berlebihan dengan risiko dihukum karena isian kata kunci.

Sebelum Anda mulai menulis posting blog baru, Anda mungkin akan berpikir tentang cara memasukkan kata kunci ke dalam posting Anda. Itu ide yang cerdas, tetapi seharusnya tidak menjadi satu-satunya fokus Anda, atau bahkan fokus utama Anda.

Setiap kali Anda membuat konten, fokus utama Anda harus pada apa yang penting bagi audiens Anda, bukan berapa kali Anda dapat memasukkan kata kunci atau frase kata kunci dalam konten itu.

Berfokuslah untuk membantu dan menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin diminta pelanggan Anda untuk sampai di pos Anda. Lakukan itu, dan Anda secara alami akan mengoptimalkan kata kunci penting.

Cara Optimasi SEO : URL

Mesin pencari juga melihat URL Anda untuk mencari tahu tentang apa posting Anda, dan itu adalah salah satu hal pertama yang akan dirayapi di halaman.

Anda memiliki peluang besar untuk mengoptimalkan URL Anda di setiap posting yang Anda terbitkan, karena setiap posting hidup di URL uniknya — jadi pastikan Anda memasukkan satu hingga dua kata kunci di dalamnya.

Cara Optimasi SEO : Deskripsi meta

Deskripsi meta Anda dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada mesin pencari dan pembaca tentang konten posting blog Anda.

Artinya, Anda harus menggunakan istilah long-tail Anda sehingga Google dan audiens Anda jelas tentang konten posting Anda.

Pada saat yang sama, ingatlah bahwa salinan sangat penting untuk rasio klik-tayang karena memenuhi maksud pembaca tertentu — semakin menarik, semakin baik.

3. Cara Optimasi SEO Perangkat Seluler.

tekno-tips.com belajar sebelumnya bahwa lebih banyak orang menggunakan mesin pencari dari ponsel mereka daripada dari komputer.

Dan untuk semua kueri berharga yang ditelusuri di perangkat seluler, Google menampilkan hasil yang sesuai untuk seluler terlebih dahulu. Ini adalah contoh lain dari Google yang sangat menyukai situs web ramah seluler — yang telah terbukti sejak perusahaan memperbarui algoritme Penguin pada April 2015.

Jadi, bagaimana Anda membuat blog Anda mobile-friendly? Dengan menggunakan desain responsif.

Situs web yang responsif terhadap seluler memungkinkan halaman blog hanya memiliki satu URL, bukan dua — masing-masing satu untuk desktop dan satu untuk seluler.

Ini membantu SEO posting Anda karena tautan masuk apa pun yang kembali ke situs Anda tidak akan dibagi di antara URL yang terpisah.

Akibatnya, Anda akan memusatkan kekuatan SEO yang Anda peroleh dari tautan ini, membantu Google lebih mudah mengenali nilai posting Anda dan memberi peringkat yang sesuai.

4. Cara Optimasi SEO Deskripsi Meta.

Untuk meninjau, deskripsi meta adalah teks tambahan yang muncul di SERP yang memungkinkan pembaca mengetahui tentang tautan itu.

Deskripsi meta memberi pencari informasi yang mereka butuhkan untuk menentukan apakah konten Anda adalah apa yang mereka cari dan pada akhirnya membantu mereka memutuskan apakah mereka akan mengklik atau tidak.

Panjang maksimum deskripsi meta ini lebih besar dari sebelumnya — sekarang sekitar 300 karakter — menunjukkan bahwa ia ingin memberi pembaca lebih banyak wawasan tentang apa yang akan diberikan setiap hasil kepada mereka.

Jadi, selain ramah pembaca (menarik dan relevan), deskripsi meta Anda harus menyertakan kata kunci ekor panjang yang ingin Anda peringkatkan.

5. Cara Optimasi SEO Alt Gambar.

Postingan blog seharusnya tidak hanya berisi teks — mereka juga harus menyertakan gambar yang membantu menjelaskan dan mendukung konten Anda.

Namun, mesin pencari tidak hanya mencari gambar. Sebaliknya, mereka mencari gambar dengan teks alt gambar.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa demikian. Karena mesin telusur tidak dapat “melihat” gambar dengan cara yang sama seperti yang dapat dilakukan manusia, teks alternatif gambar memberi tahu mesin telusur tentang apa itu gambar. Ini pada akhirnya membantu peringkat gambar-gambar itu di halaman hasil gambar mesin pencari.

Teks alternatif gambar juga memberikan pengalaman pengguna (UX) yang lebih baik. Ini ditampilkan di dalam wadah gambar ketika gambar tidak dapat ditemukan atau ditampilkan.

Secara teknis cara optimasi seo, teks alternatif adalah atribut yang dapat ditambahkan ke tag gambar di HTML

6. Cara Optimasi SEO : Batasi Tag Topik.

Tag topik dapat membantu mengatur konten blog Anda, tetapi jika Anda menggunakannya secara berlebihan, itu sebenarnya bisa berbahaya.

Jika Anda memiliki terlalu banyak tag serupa, Anda mungkin akan dihukum oleh mesin pencari karena memiliki konten duplikat.

Jika Anda menggunakan terlalu banyak tag serupa untuk konten yang sama, hal itu akan terlihat oleh mesin telusur seolah-olah Anda menampilkan konten beberapa kali di seluruh situs web Anda. Misalnya, tag topik seperti “blogging”, “blog”, dan “posting blog” terlalu mirip satu sama lain untuk digunakan pada postingan yang sama.

Jika Anda khawatir postingan blog Anda saat ini memiliki terlalu banyak tag serupa, luangkan waktu untuk membersihkannya. Pilih sekitar 15–25 tag topik yang menurut Anda penting untuk blog Anda dan yang tidak terlalu mirip satu sama lain.

READ  11 Solusi Pengoptimalan SEO Konten Blog 2022

Kemudian hanya menandai posting Anda dengan kata kunci tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tentang duplikat konten.

7. Cara Optimasi SEO : Sertakan struktur URL Yang Mudah.

Sebelum Anda mempublikasikan posting blog Anda, perhatikan baik-baik struktur URL-nya.

Apakah panjang, penuh dengan stop-word, atau tidak berhubungan dengan topik postingan? Jika demikian, Anda mungkin ingin menulis ulang sebelum ditayangkan.

Cara optimasi seo dengan memperhatikan Struktur URL halaman web Anda (yang berbeda dari URL spesifik posting Anda) harus memudahkan pengunjung Anda untuk memahami struktur situs web Anda dan konten yang akan mereka lihat.

Mesin pencari menyukai URL halaman web yang memudahkan mereka dan pengunjung situs web untuk memahami konten di halaman.

8. Cara Optimasi SEO : Buat Related Link Post.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa tautan balik mempengaruhi seberapa tinggi peringkat situs blog Anda di SERP, dan itu benar — tautan balik menunjukkan seberapa tepercaya situs Anda berdasarkan pada berapa banyak situs relevan lainnya yang menautkan kembali ke situs Anda.

Tetapi tautan balik bukanlah akhir dari segalanya untuk membangun tautan. Menautkan ke dan dari posting blog Anda sendiri dapat berdampak positif pada seberapa baik peringkat situs blog Anda juga.

Tautan masuk ke konten Anda membantu mesin pencari menunjukkan validitas atau relevansi konten Anda. Hal yang sama berlaku untuk menautkan secara internal ke halaman lain di situs web Anda. Jika Anda telah menulis tentang topik yang disebutkan dalam entri blog Anda di entri blog, eBook, atau halaman web lain, praktik terbaik adalah menautkan ke halaman tersebut.

Tidak hanya tautan internal membantu menjaga pengunjung di situs web Anda, tetapi juga memunculkan relevansi Anda yang lain. dan halaman otoritatif ke mesin pencari.

Bahkan bisa melihat peningkatan SERP sebagai hasilnya.

9. Cara Optimasi SEO : Tinjau GSC dan GA.

Search Console Google berisi bagian yang disebut Laporan Analisis Penelusuran. Laporan ini membantu Anda menganalisis klik dari Google Penelusuran — berguna untuk menentukan kata kunci mana yang digunakan orang untuk menemukan konten blog Anda.

Ingat, banyak pemasar konten berjuang dengan mengoptimalkan posting blog mereka untuk pencarian. Yang benar adalah, posting blog Anda tidak akan segera memulai peringkat. Dibutuhkan waktu untuk membangun otoritas pencarian.

Namun, ketika Anda sering mempublikasikan posting blog dan secara konsisten mengoptimalkannya untuk pencarian sambil mempertahankan pengalaman pembaca berbasis niat, Anda akan menuai hasilnya dalam bentuk lalu lintas dan prospek jangka panjang.

10. Cara Optimasi SEO : Atur Kelompok Topik.

Cara sebagian besar blog saat ini terstruktur (termasuk blog kita sendiri, hingga baru-baru ini), blogger dan SEO telah bekerja untuk membuat posting blog individual yang diberi peringkat untuk kata kunci tertentu.

Hal ini membuat hal-hal yang tidak teratur dan sulit bagi pengunjung blog untuk menemukan informasi yang tepat yang mereka butuhkan. Ini juga mengakibatkan URL Anda bersaing satu sama lain di peringkat mesin pencari ketika Anda menghasilkan beberapa posting blog tentang topik serupa.

11. Cara Optimasi SEO : Publikasikan Konten Evergreen.

Saat merencanakan dan menulis artikel blog Anda, pastikan kontennya selalu hijau. Artinya, konten adalah tentang topik yang akan tetap relevan dan berharga dalam jangka waktu yang lama (dengan hanya sedikit perubahan atau pembaruan). Mari kita lihat beberapa alasan mengapa konten evergreen sangat penting:

  • Ini akan membantu Anda menentukan peringkat dari waktu ke waktu, tidak hanya dalam waktu dekat.
  • Ini berkontribusi pada jumlah lalu lintas yang stabil yang datang ke blog Anda (dan situs web) lama setelah diterbitkan.
  • Ini akan membantu Anda menghasilkan prospek dari waktu ke waktu sebagai hasil dari lalu lintas yang terus dihasilkannya.

Semua konten blog — baik itu artikel bentuk panjang, panduan cara, FAQ, tutorial, dan sebagainya — harus selalu hijau. Bahkan gambar yang Anda gunakan dalam posting ini harus selalu hijau.

12. Cara Optimasi SEO : Perbarui Konten.

Untuk meningkatkan SEO Anda, Anda mungkin menganggap Anda perlu membuat konten blog baru. Meskipun sebagian benar, Anda juga harus memfokuskan banyak waktu dan energi Anda pada konten blog yang ada. Secara khusus, mengubah dan memperbarui konten Anda saat ini, serta menghapus konten lama Anda.

Ini karena butuh waktu lebih lama untuk konten yang benar-benar baru untuk menetap di halaman hasil mesin pencari (SERP) dan mendapatkan otoritas, sedangkan Anda dapat memperbarui konten dan menuai keuntungan dengan segera dibandingkan.

Konten Anda yang diperbarui tidak hanya akan mendapat peringkat di SERP lebih cepat, meningkatkan jumlah pengunjung dan prospek Anda, juga membutuhkan lebih sedikit waktu dan lebih sedikit sumber daya untuk memperbarui konten yang ada daripada membuat artikel baru.

Selain itu, memperbarui dan menggunakan kembali beberapa konten Anda yang paling sukses memperpanjang masa pakainya sehingga Anda dapat mencapai hasil terbaik dalam jangka waktu yang lebih lama (terutama jika itu adalah konten yang selalu hijau).

Kesimpulan Cara Optimasi SEO

Tekno TIps tidak mengharapkan Anda untuk segera memasukkan masing-masing praktik terbaik SEO ini ke dalam strategi konten Anda.

Namun, seiring pertumbuhan situs web Anda, demikian juga tujuan Anda di mesin telusur.

Setelah Anda mengidentifikasi tujuan dan maksud dari pembaca ideal Anda, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk menyampaikan konten relevan yang akan naik ke peringkat SERP.